Thursday 21 June 2018

Digital atau Hospitality?


Siapa sih yang mau kehilangan kesempatan? Nggak ada ya kayaknya. Malah kalau bisa si kesempatan itu dicari ya nggak?

Nah, kalau saya sekarang lagi galau. Sebenernya masa galaunya udah lewat sih, udah sebulan yang lalu malah lewatnya. Yang nyisa sekarang tinggal pertimbangannya yang masih terus saya pertimbangin sampai sekarang, or sampai masa yang tidak dapat ditentukan nanti.

Jadi, sebenernya saya merasa bersyukur banget bisa tinggal di Bali sekarang. Bukan hanya karena tempatnya enak banget buat ditinggalin, tapi karena banyak banget kesempatan buat saya untuk belajar. Saya suka banget pariwisata, saya suka jalan-jalan, tapi saya lebih memperhatikan tentang manajemen pariwisata sejak dari bikin tesis pariwisata. Dimana lagi coba tempat belajar praktek untuk mempelajari manajemen pariwisata di Indonesia yang terbaik selain di Bali?

Terus pariwisata itu kan sekarang bergantung banget sama kemajuan teknologi ya. At least untuk pemasarannya pasti kejar-kejaran sama online marketing. Kalah sedikit dari tetangga, bisa hilang kesempatan untuk dapat customer. Sekarang sih kayaknya bukan pariwisata doang ya yang begitu, apa-apa sekarang persaingannya ketat banget, apalagi di bidang marketing.

Yang bikin saya galau kemarin itu adalah bingung antara mau kerja di bidang teknologinya atau di bidang operasional hospitalitynya. Saya sempat menolak kerjaan di bidang tekhnologinya malah kemarin itu yang bikin saya akhirnya galau. Karena saya pikir, kalau saya kerja di bidang itu, saya bisa masuk ke semua side hospitality, karena emang bagiannya juga di hospitality, khusus di bidang Internet Servicenya. Kalau saya mau fokus di operasional hospitalitynya, saya harus kerja di hotel, atau resort, atau travel agent sekalian biar lebih dalam belajarnya. Nah kan galau.

Dan terakhir, supaya research saya tetap jalan dan terukur dan ada manifesnya, saya juga harus tetap aktif sebagai akademisi, baik itu jadi dosen, jadi mahasiswa lagi, atau jadi peneliti saja. Gimana ya caranya supaya ketiganya itu tergrab dengan baik, saya bisa belajar tentang manajemen hospitality, tidak ketinggalan teknologinya, dan juga researchnya.

Hmmm... Semoga saja saya masih cukup akal untuk membuat satu jalan keluar ya..

Wish me luck!


No comments:

Post a Comment

Hamil (Ep. 1)

H a lo... Sesuai janji saya di post sebelumnya, kali ini saya akan membahas tentang kehamilan saya secara lebih detail. Kapan ketahuann...