Sunday 22 December 2013

My favour :)

Love hate relationship.
Mungkin yang paling tepat buat mewakili hubungan gue sama ibu gue yang sering gue sebut dengan sebutan Nande. Gue ini anak yang keras kepala. Sangat teramat kepala batu. Tapi ibu gue jauh lebih keras kepala dari gue. Gue ini orang yang sangat perasa dan cengeng. Yeah, pasti udah bisa nebak. Ibu gue jauh lebih perasa dan sensitif dan cengeng. Yaaa iya sih kalo cengeng mungkin 11/12 lah sama gue.

Temen berantem gue yang pertama kali di muka bumi ini bukan kakak gue, bukan temen gue, bukan adek gue, apalagi bukan ayah gue. Tapi Ibu gue. Tentang segala hal. Hal kecil sampe hal besar. tapi anehnya ya, gue sama Ibu gue lebih sering berantem karena hal kecil, misalnya : masalah sarapan pagi. Gue pernah ga diizinin pergi ke sekolah cuma karena gue ga sempat (atau ga mau, gue lupa) sarapan. Bayangin, gue udah rapi dengan baju sekolah dan tas dan sepatu, akhirnya gue ga berangkat jadi sekolah hari ini *cry cry* Ini ceritanya pas gue masih SD.
Ya, begitu emang. Ibu gue sekeras itu. Batu banget. Padahal ya kalo mau dibela-belain, gue kan bisa jajan atau bawa bekel ke sekolah dan ga ketinggalan pelajaran seharian. Eh, kayanya itu karena gue ngeyel ga mau sarapan deh, bukan karena telat.

Mungkin ya emang pengajaran Ibu emang beda-beda dalam setiap keluarga. Tapi ya sekarang gue baru nyadar (sedikit demi sedikit) tentang apa alasan Ibu melakukan ini dan itu. Ibu gue itu orangnya rapih banget, telaten banget, teratur banget, cekatan banget. Ibu gue adalah anak kedua, dan putri pertama dari opung gue. Adeknya ada 9, dan semuanya rukun dan akur, ga pernah berantem. makanya Ibu gue ga suka kalo gue dan sodara-sodara gue berantem. Hahahaha
Anywaaaaaay, ya itu, ibu gue itu ya mau jam berapa pun kita semua berangkat dari rumah, emang harus sarapan. Ayah gue pergi keluar kota jam 3 subuh pun, wajib sarapan. Nanti Ibu gue ga tidur tuh nyiapin semuanya (koper dan isinya, berikut sarapan dan air mandi dll). Sedetail itu. Gue sih belum sedetail itu ya, tapi ya lumayan sih setelah sekarang gue sering jadi Ibu bayangan di rumah gue (karena Ibu gue tinggal di rumah yang di desa) gue bisa ngerjain semua pekerjaan di rumah dengan mengingt apa yang pernah Ibu gue lakuin di rumah. Begitu juga dalam hal masak memasak. Gue masak segala sesuatu yang ribet ga pernah googling, ga pake test cooking, tapi pure pake feeling dan ingatan ajah. Ibu gue kan masak tiap hari tuh di rumah, hahhaaha bahkan sampe sekarang gue ga pernah belajar masak beneran sama Ibu gue.

****Intermezo****
Hmm okaay, gue ngomongnya ga runut yah? Maklumin aja ya... Gue lagi sakit dan di bawah pengaruh obat. Obat batuk sih sebenernya hahaha! Tapi lumayan bikin ga konsen. Mohon doanya supaya cepet sembuh yaa....

Kenapa gue bilang hubungan gue sama Ibu gue itu hate-love relationship? Sering banget gue berantem sama Ibu gue, hubungan kita mendingin ( jutek-jutekan), tapi selalu berakhur dengan romantis. 2 tahun yang lalu, gue lagi marahan nih ceritanya sama Ibu gue, persis mendekati hari Ibu. Tapi yah, gimana pun gue dan Ibu gue sering berantem, ga peduli yang kita ributin masalah kecil atau gede, gue selalu kangen sama Ibu gue. Sama juga kayak kakak gue yang cewek. Kakak gue ini sampe punya rekaman suara Ibu gue yang lagi ngomel-ngomel di handphonenya, dan sering dia dengerin kalau dia kangen sama Ibu gue. Agak aneh ya...

Jadi singkat cerita, sangking cintanya gue sama Ibu gue, ketika lagi marahan pun, gue pesen delivery cake untuk dianter ke rumah dari bakery (yang susah bener nyarinya di Kabanjahe/desa itu yang bisa delivery) dengan ucapan "Selamat Hari Ibu, Nande..."
Tapi gebleknya si bakery ini, dia ga bilang sama isi rumah gue siapa yang ngirimin, bener-bener cuma nganterin, sampe seminggu kemudian Ayah gue dateng ke Jakarta dan cerita kalau Ibu gue dapat kiriman cake misterius. Ckckck. Parah yee...
 Tapi Ayah gue cerita, Ibu gue bener-bener seneng dengan adanya kiriman ke itu. Beliau merasa diperhatikan (Yeah, sifat itu juga nurun ke gue). Tapi ya ga tau juga sih ya, Ayah gue yang lebay ceritanya apa beneran seneng hahahaa (Kalau Ayah gue emang juaranya menjaga perasaan anak-anaknya).

Dan tahun ini juga gue berantem lagi sama Ibu gue menjalang Hari Ibu. Gue belum nelfon Ibu gue semenjak gue berangkat ke Jakarta seminggu yang lalu. Kalau berantem yang ini gue yakin karena kita masing-masing punya ketakutan. Apa ketakutan kita, biar cuma gue dan Ibu gue yang tau. Tapi gue ngerti. Ngerti.....banget, posisi kita sekarang. Gue juga ga bikin surprise apa-apa buat Ibu gue hari ini. Tapi gue berencana akan bikin bunga papan di depan rumah di tanggal 30 Desember nanti, bertepatan dengan ulang tahun Ibu gue yang ke 51 tahun ini. Hmm mungkin tulisannya gini, "Selamat Hari Ibu dan Selamat Ulang Tahun ke-51 Ibunda Tercinta, Nande Marthin Halawa : Ibu Roswindarly Silitonga" (Mudah-mudahan tukang bunganya bisa bikinnya jadi cakep yaaaa, doakeun...

Gue benci berantem sama Ibu gue, tapi semakin gue gede kaya gini, setiap perdebatan gue sama Ibu gue dalem banget meaningnya dalam hidup gue. Ga boleh ngasal lagi ambil keputusan, banyak yang akhirnya bikin gue mikir sejuta kali buat melakukan sesuatu. Semuanya karena Ibu gue, Ibu gue yang kalo ngomong pedes, kalo udah marah cueknya selangit, Ibu gue yang tanpa gue lihat pun, suaranya selalu ngomong di telinga dan di hati gue.

Gue cuma pengen bikin Ibu gue punya sesuatu yang bisa bikin dia berbunga-bunga dalam hati (like I know whats her favour the most). Ibu gue bilang pokoknya kalau beliau udah tua, beliau ga mau nyusahin anaknya. Ibu gue itu hidupnya penuh dengan excitement, ama kaya gue. Itu doang yang pengen gue jaga supaya tetep ada sampe selamanya.

Selamat hari Ibu, Nande...
Membuat Ibu senang dan bangga adalah kewajiban dan hak gue seumur hidup gue. Tuhan memberkati setiap Ibu yang ada di seluruh dunia, yang membawa 1 makhluk ke dunia. Bahagia dan berkat Tuhan turun atas kalian semua :)






Gue sayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaang Ibu :))

No comments:

Post a Comment

Hamil (Ep. 1)

H a lo... Sesuai janji saya di post sebelumnya, kali ini saya akan membahas tentang kehamilan saya secara lebih detail. Kapan ketahuann...